TIPS mengunakan “SEARCH ENGINE”

1. Menggunakan tanda petik “...”
            Cara yang pertama adalah menggunakan tanda petik diantara kalimat (keyword) yang akan kita “search”. Fungsinya adalah supaya searh engine menampilkan hasil dari keyword yang kita masukkan secara utuh (tidak terpisah).
Misalnya kita ingin mencari informasi tentang SMAN 2 KUNINGAN. Halaman web di dunia pasti banyak yang menggunakan kata SMAN atau 2 atau KUNINGAN. Sehingga hasil yang muncul   tidak sesuai dengan yang kita inginkan (terlalu banyak). Jika mengunakan tanda petik pada keywordnya (menjadi : “SMAN 2 KUNINGAN”) maka hasil  yang akan muncul di search engine adalah halaman web (link nya) yang memuat kalimat SMAN 2 Kuningan dengan tidak terpisah sehingga range nya tidak terlalu banyak karena lebih spesifik.
2. Menggunakan NEAR
            NEAR (huruf besar) digunakan untuk menampilkan link webpage yang berisi dua kata yang berdekatan. Definisi “dekat” untuk setiap search engine berbeda beda. Ada yang mengartikan dekat itu berarti 10 kata jaraknya ayau 15 kata (saya lupa  lagi arti dekat untuk masing masing search engine, jadi jika ingin tahu silahkan browsing lagi...).
            Misalnya kita ingin mencari informasi mengenai Robotika di Indonesia. Kalau kita menggunakan cara biasa (tanpa tanda apun) maka yang hasil yang akan muncil mungkin terlalu banyak. Maka kita gunakan NEAR untuk mencarinya. Kita tinggal mengetikan kata NEAR diantara keyword yang kita masukan (menjadi : Robotika NEAR Indonesia) maka hasil yang akan ditampilkan adalah link yang menuju ke halaman yang memiliki kata “Robotika” dan “Indonesia” yang berdekatan.

3. Menggunakan “site:”
 Penggunaan “Site:” (dengan titik dua) ialah untuk menampilkan hasil pencarian yang terdapat pada situs tertentu.
Misalkan kita ingin mencari informasi mengenai “Calon ketua KPK”. Tapi kita ingin membacanya di situs pikiran-rakyat.com (kebanggaan rakyat Jawa Barat, he...). Kita tinggal memasukan keyword
            Calon ketua KPK site:pikiran-rakyat.com
Maka hasilnya akan muncul link-link yang berhubungan dengan calon ketua KPK tapi yang hanya terdapat di situs pikiran-rakyat.com

4. Menggunakan “filetype:”
Menggunakan “filetype:”  berfungsi untuk menampilkan hasil untuk format file tertentu. Contohnya kita ingin mencari partitur lagu Viera. Karena partitur biasanya memiliki format (extension) pdf, maka kita tinggal menuliskan keyword
Partitur viera filetype:pdf
Maka akan muncul hasil pencarian berupa link-link yang menuju ke halaman yang berhubungan dengan pertitur lagu Viera tapi berformat pdf. Biasanya untuk cara ini, file bisa langsung di download dari halaman hasil pencariannya (di search engin nya, jadi tdk perlu masuk ke halaman web lagi). Cara ini bisa juga digunakan untuk file extension lain seperti exe, doc,docx,ppt,pptx,dll,xls,xlsx,pot,txt, dan lain lain (Ingat! dan “lain-lain” itu bukan ekstension! He...)

5 Menggunakan AND, OR, NOT.
Penggunaan AND (huruf besar)i alah untuk menampilkan hasil pemcarian yang berisi semua keyword keyword yang kita masukan. Misalnya :
Calon AND ketua AND KPK
Maka yang akan muncul adalah link-link yang menuju ke webpage yang berisi kata kata calon, ketua, dan KPK. Jadi maksudnya webpage yang hanya memuat kata “calon” saja atau “ketua” saja atau “KPK” saja kemungkinan tdk akan muncul. AND juga bisa diganti dengan “+”(plus tanpa tanda kutip) karena beberapa search engine tidak mengenali AND.
Kemudian penggunaan OR (huruf besar). Fungsi OR bisa dikatakan kebalikan dari  AND karena dengan menggunakan OR hasil yang akan ditampilkan adalah webpage yang berisi keyword-keyword yang kita masukan, meskipun tidak semuanya ada. Cara menggunakannya sama seperti AND.
Terakhir (fuih...) menggunakan NOT. Fungsinya adalah untuk menyembunyikan atau tidak menampilkan kata yang kita inginkan. Misalnya kita ingin mencari informasi mengenai Gerhana Bulan pada bulan Desemmber 2011, dan kita tidak ingin mencari gerhana bulan pada bulan Juni, kita bisa memasukan keyword
Gerhana Bulan pada 10 Desember 2011 NOT Juni.
Maka searc engine akan menampilkan halaman yang memuat kata kata Gerhana Bulan pada 10 Desember saja dan halaman yang memuat jata Juni tidak akan ditampilkan. NOT bisa juga diganti dengan NOT atau “–“ (tanda strip tanpa tanda kutip) karena beberapa search engine tidak mengenali NOT.

Kita juga bisa menggabungkan rumus rumus itu. Misalkan seperti ini
(Perkembangan NOT sejarah) AND politik AND (Indonesia OR Nusantara OR republik indonesia OR negara Indonesia)
Untuk arti dari keyword di atas, silahkan tafsirkan sendiri. Terima kasih....


Copyright © 2009 ====================== All rights reserved. Theme by Laptop Geek . | Bloggerized by FalconHive .