Rangkuman Novel : Sherlock Holmes The Hounds of The Baskerville


    
             Judul                                 : Sherlock Holmes The Hounds of The Baskerville - Anjing Setan

Jumlah halaman                 : 291 halaman
ISBN                                 :  979 – 686 – 738 – 9
Warna Buku                      : Coklat kemerahan dan merah
Karya                                : Sir Arthur Conan Doyle
Penerbit                             :  PT Gramedia Pustaka Utama


Sherlock Holmes
The Hounds of The Baskerville
Anjing Setan
Suatu pagi datanglah seorang yang tinggi dan kurus dengan hidungnya yang mancung bernama Dr. James Mortimeter ke kantor Sherlock Holmes. Dia bermaksud mengambil tongkatnya yang tertinggal dan meminta bantuan Holmes memecahkan suatu kasus.
Dr. Mortimeter membawa sebuah naskah tua yang berisi pernyataan legenda Baskervilles. Legenda itu menceritakan tentang kutukan Baskervilles yang telah membunuh keluarga laki – laki Baskervilles selama berabad – abad. Tetapi setiap terjadi pembunuhan, selalu ada seekor makhluk besar mirip anjing tetapi lebih besar dari anjing berdiri di atas mayatnya.
Dr. Mortimeter meminta nasehat kepada Sherlock Holmes apa yang harus dilakukannya terhadap Sir Henry Baskerville yang akan tiba di stasiun Waterloo satu seperempat jam lagi. Holmes menyarankan agar menjemmput Sir Henry Baskerville dan kembali lagi besoknya pada pukul sepuluh.
Keesokan harinya, Dr. Mortimeter kembali bersama Sir Henry Baskerville. Setelah mereka duduk, Sir Henry Baskerville mengeluarkan amplop di atas meja . Dari dalam amplop itu tedapat sehelai kertas yang betuliskan :
“Kalau Anda menilai tinggi kehidupan jauhkan Anda dari rawa – rawa”
Setelah membaca tulisan itu, Holmes melarang Sir Henry Baskerville pergi ke Baskerville Hall karena mungkin ia sedang diikuti. Namun, Sir Henry tetap memakasa. Akhirnya Holmes pun mengizinkannya tetapi ia melarangnya untuk pergi seorang diri,  terlebih ke daerah rawa. Mereka pun kembali ke hotel. Holmes dan Watson bersiap – siap karena mereka diundang makan siang oleh Sir Henry. Mereka mengikutinya dan memata – matai seorang laki – laki dengan janggut palsu hitam lebat. Tetapi mereka gagal karena orang yang mereka ikuti telah naik kereta. Kemudian, mereka masuk ke salah satu kantor pelayanan pengiriman pesan untuk mencari petunjuk. Sherlck Holmes dan Watson pun pergi ke Hotel Northumberland untuk memenuhi janji makan siang. Selesai makan, Sir Henry mengajak mereka ke Baskerville Hall pada hari Sabtu.
Mereka berangkat ke Basskerville Hall dengan kereta dan beberapa jam kemudian sampai di Baskerville Hall. Kemudian mereka menginap di sana dan keesokan harinya Watson berjalan – jalan di sekitar Baskerville Hall. Ketika ia sedang berjalan – jalan,  ada seorang yang memanggilnya dsari belakang. Tenyata itu adalah Stapleton,. Ia tahu nama Watson karena diberitahu oleh Dr. Mortimeter. Ia adalah seorang pecinta alam. Stapleton mengajak Watson ke rumahnya. Rumahnya berada di dekat rawa-rawa di Merripit House. Rumah itu dikelilingi hutan, tapi pepohonannya telah dipendekkan dan dirapikan. Di dalamnya terdapat koleksi serangga yang ia kumpulkan dari berbagai daerah. Setelah berbicara banyak dengan Stapleton, Watson kembali ke Baskerville Hall. Tetapi ketika di perjalanan, ia terkejut mendapati adik Stapleton, Miss Stapleton  telah duduk di sebongkah batu, di samping jalan setapak. Ia menekan tangannya di dekat tubuhnya. Ternyata ia menyampaikan bahwa Sir Henry Baskerville harus kembali ke London.
Miss Stapleton mengatakan bahwa kakaknya dan ia sangat terguncang dengan kematian Sir Charles Baskerville. Mereka mengenal Sir Charles dengan baik, karena ia suka melintasi   rawa – rawa ke arah rumah kami. Dia sangat terkesan dengan kutukan yang menghantui keluarganya, dan sewaktu tragedi ini menimpa, sudah sewajarnya Miss Stapleton merasa ada alasan atas ketakutan yang diungkapkanya. Oleh karena itu, ia merasa tidak enak sewaktu anggota keluarga yang lain datang hendak menetap di sini. Ia merasa dia harus diperingatkan terhadap bahaya yang dihadapinya.Ia pun kembali lagi ke rumahnya dan Watson segera kembali ke Baskerville Hall.
Selama di Baskervile Hall, Watson mengirimkan laporan kepada Holmes (yang pergi ke Baskerville Hall adalah Watson, Dr. Mortimeter, dan Sir Henry Baskerville, sedangkan Holmes tidak ikut). Laporannya yang pertama ialah mengenai adanya narapidana yang melarikan diri ke rawa – rawa, namun karena sudah lama tidak ditemukan para sipir menganggap mereka telah pergi. Dan tentang seorang tetangga yang mengajaknya dan Henry Baskerville ke tempat yang dianggap sebagai bermulanya legenda Hugo Baskerville yang jahat. Sedangkan laporan keduanya ialah tentang petualangannya bersama Sir Henry mengejar narapidana jahat yang kabur di rawa.
Kemudian, di malam berikutnya Watson mengunjungi sebuah gubuk terpencil di dekat rawa. Tetapi ternyata tidak ada siapa – siapa di dalamnya. Ia hanya menemukan sehelai kertas bertuliskan “Dr. Watson pergi ke Coombe Tracey”. Ia berfikir mungkin sebenarnya ia sedang diikuti orang misterius. Ia terdiam sejenak, dan tak lama kemudian ada suara langkah yang semakin mendekat. Ternyata itu adalah Holmes!
Ketika mereka sedang berbincang – bincang, mereka mendengar suara jeritan. Spontan mereka mengejar suara itu dan mereka melihat sesosok mayat telungkup. Semula mereka menyangka bahwa mayat itu adalah Sir Henry Baskerville, namun setelah mereka melihat wajahnya ternyata dia sebenarnya adalah Selden. Penjahat yang melarikan diri itu tewas. Tiba – tiba datanglah Stapleton, semula ia juga menyangka bahwa itu adalah mayar Sir Henry dan sempat kaget. Namun stetelah diberitahu bahwa mayat itu adalah mayat Selden, ia kembali tenang. Karena tidak ada cara lain untuk menangani mayat itu, mereka menutup mayat itu dan membiarkannya sampai pagi. Lalu mereka kembali ke Hall dan meminta izin untuk pergi ke London.
Mereka pergi ke rumah Frankland, seorang detektif yang Holmes ajak untuk menangani kasus ini. Lalu mereka bertiga pergi ke Meripit House dan mengawasi rumah itu. Di dalamnya hanya ada Sir Henry dan Stapleton. Namun ketika mereka sedang mengawasi, ada kabut tebal yang menghampiri mereka. Mereka pun menghindar dari kabut itu dan setelah mereka menemukan tempat yang aman untuk berlindung, seekor anjing, hitam besar tetapi tidak seperti anjing menyerang Sir Henry. Untunglah mereka dengan sigap menembak makhluk itu sampai mati sehingga Sir Henry tidak terbunuh. Mereka juga menemukan Mrs. Stapleton terikat di kamar tidur, dan ketika dia dibebaskan, dia memberitahu mereka tempat persembunyaian Stapleton di dekat Great Grimpen Mire. Dan anjing itu sebenarnya milik Stapleton yang disembunyikan di Grimpen Mire. Mereka pergi pada hari berikutnya untuk mencari dia, dan mereka menemukan dia tergeletak tak bernyawa dengan luka parah karena dimangsa anjing hutan.
Sebenarnya, Stapleton adalah putra Rodger Baskerville, adik termuda Sir Charles, yang melarikan diri membawa reputasi buruk ke Amerika Selatan, ia sempat menikah dan memiliki seorang anak, yang nama aslinya sama dengan nama ayahnya. Sang putra ini menikahi Beryl Garcia, salah satu wanita tercantik di Costa Rica dan, sesudah menipu uang masyarakat, dia mengubah namanya menjadi Vandeleur dan melarikan diri ke Inggris dan mendirikan sekolah di sebela timur Yorkshire. Alasannya mencoba bidang ini adalah dia kebetulan bertemu dengan seorang guru dalam perjalanan pulang, dan menggunakan kemampuan orang ini untuk meraih sukses. Tapi kemudian, Fraser, guru itumeninggal dan sekolah yang pada awalnya terkenal dengan baik, merosot reputasinya. Pasangan Vandeleur menyadari lebih baik mengubah namanya menjadi Stapleton, dan ia membawa sisa kekayaannya, rencana masa depanya, dan seleranya terhadap entomologi ke Inggris Selatan.

Kesimpulan                        : Pelaku dari kasus pembunuhan itu adalah Stapleton
Saran pengarang                : Seorang pembunuh yang kejam akan mati dengan cara yang kejam pula
Tokoh utama          : Sherlock Holmes

Watak                    :  Tenang, berani, ramah, dan sigap dalam menghadapi masalah 
Pembantu utama     :  Watson
            Watak                    :  Sopan, bahasanya lembut, penuh perhitungan


Copyright © 2009 ====================== All rights reserved. Theme by Laptop Geek . | Bloggerized by FalconHive .