29 January 2012

Nama-Nama Al Qur'an

Sumber : wikipedia




Al Qur'an, kitab suci agama Islam memiliki banyak nama. Nama-nama ini berasal dari ayat-ayat tertentu dalam Al Qur'an itu sendiri yang memakai istilah tertentu untuk merujuk kepada Al Qur'an itu sendiri.


Nama-nama tersebut adalah:

Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa (QS. Al-Baqarah [2]:2)
  • Al-Furqan (pembeda benar salah)
Maha suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqaan (Al-Qur'an) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam. (QS. Al Furqaan [25]:1)
  • Adz-Dzikr (pemberi peringatan)
Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr (Al-Qur'an), dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. (QS. Al Hijr [15]:9)
  • Al-Mau'idhah (pelajaran/nasihat)
Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS. Yunus [10]:57)
  • Asy-Syifa' (obat/penyembuh)
Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS. Yunus [10]:57)
  • Al-Hukm (peraturan/hukum)
Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al-Qur'an itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab. Dan seandainya kamu mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, maka sekali-kali tidak ada pelindung dan pemelihara bagimu terhadap (siksa) Allah. (QS. Ar Ra'd [13]:37)
  • Al-Hikmah (kebijaksanaan)
Itulah sebagian hikmah yang diwahyukan Tuhanmu kepadamu. Dan janganlah kamu mengadakan tuhan yang lain di samping Allah, yang menyebabkan kamu dilemparkan ke dalam neraka dalam keadaan tercela lagi dijauhkan (dari rahmat Allah). (QS. Al Israa' [17]:39)
  • Al-Huda (petunjuk)
Dan sesungguhnya kami tatkala mendengar petunjuk (Al-Qur'an), kami beriman kepadanya. Barangsiapa beriman kepada Tuhannya, maka ia tidak takut akan pengurangan pahala dan tidak (takut pula) akan penambahan dosa dan kesalahan. (QS. Al Jin [72]:13)
  • At-Tanzil (yang diturunkan)
Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, QS. Asy Syu’araa’ [26]:192)
  • Ar-Rahmat (karunia)
Dan sesungguhnya Al Qur'an itu benar-benar menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS. An Naml [27]:77)
  • Ar-Ruh (ruh)
Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu ruh (Al-Qur'an) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al-Qur'an) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al-Qur'an itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus. (QS. Asy Syuura [42]:52)
  • Al-Bayan (penerang)
(Al-Qur'an) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. (QS. Ali Imran [3]:138)
  • Al-Kalam (ucapan/firman)
Dan jika seorang di antara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah ia ketempat yang aman baginya. Demikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak mengetahui. (QS. At Taubah [9]:6)
  • Al-Busyra (kabar gembira)
Katakanlah: "Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al-Qur'an itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)". (QS. An Nahl [16]:102)
  • An-Nur (cahaya)
Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang. (Al-Qur'an). (QS. An Nisaa' [4]:174)
  • Al-Basha'ir (pedoman)
Al-Qur'an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini. (QS. Al Jaatsiyah [45]:20)
  • Al-Balagh (penyampaian/kabar)
(Al-Qur'an) ini adalah kabar yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengan-Nya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran. (QS. Ibrahim [14]:52)
  • Al-Qaul (perkataan/ucapan)
Dan sesungguhnya telah Kami turunkan berturut-turut perkataan ini (Al-Qur'an) kepada mereka agar mereka mendapat pelajaran. (QS. Al Qashash [28]:51)

24 January 2012

Berita OSN - Membangun (Sepenggal Kisah Inspiratif Pak Kusmana)


Artikel ini saya kutip dari sebuah buku berjudul berita OSN 2010. Dan ini merupakan hal yang baru saya ketahui dari sekolah saya (SMAN 2 Kuningan). Semoga menjadi inspirasi bagi semuanya.



Mejadi juara, siapa yang tak suka? Setiap orang tentu ingin dan berhasrat untuk menjadi juara. Tetapi tidak semua orang bisa jadi juara. Juara pada dasarnya adalah buah dari perpaduan kerja keras dan kerja cerdas yang melalui proses persiapan panjang. Sungguh tepat ketika Wamendiknas, Fasli Jalal, mengatakan di balik para juara provinsi yang hadir di Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2010 sejatinya terdapat kerja keras semua pihak. Tak ada jalan mudah untuk menapak jenjang juara, mulai dari level sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, hingga akhirnya internasional. Perjalanan seorang siswa menjadi juara di level apapun sejatinya mencerminkan sebuah upaya membangun tradisi juara. Ada orang beranggapan betapa uang merupakan kata kunci untuk juara. Alasannya, semua hal butuh biaya, perlu uang. Membeli buku  eferensi, misalnya, butuh uang. Membayar honor pembimbing, contoh lainnya, juga butuh uang. Tetapi apakah semua harus begitu?

Kusmana, Guru SMAN 2 Kuningan, Jawa Barat, merupakan contoh bahwa uang bukan segalanya. Guru  Fisika berpenampilan sederhana ini tak memikirkan soal uang saat membina anak didiknya. Hasilnya ternyata tidak mengecewakan, tetapi cukup membanggakan. Salah satu anak didiknya kembali berhasil menembus
dominasi siswa-siswa sekolah favorit dari Bandung, Bogor, dan kabupaten/ kota Jawa Barat lain. Dan tahun 2010 ini bukan pertama kali anak didik Kusmana menembus level nasional.Sudah beberapa tahun SMAN2
Kuningan selalu menempatkan wakilnya untuk berlomba di tingkat nasional. Bahkan, untuk tahun 1996,
salah satu anak didiknya, Andri, berlaga sampai ke Norwegia dan berhasil meraih penghargaan pula.
Kusmana bukan guru pembimbing resmi untuk tim Jawa Barat. Pihak sekolah memintanya hadir di Medan
untuk mendampingi anak didiknya.

Sudah menjadi kebiasaan dia untuk tidak mempertanyakan apakah ada atau tidak ada honor untuk melakukan tugas ini. Juga dalam proses pembimbingan yang dia lakukan sebelum anak didiknya berangkat ke
Medan. “Saya tak memikirkan honor atau hal-hal semacam itu. Kalau ada  syukur, kalau tidak ada tidak apa-apa.  Kebanggaan kalau anak didik kita berhasil menempati posisi terbaik sama sekali tak bisa diukur dengan uang,” katanya.

Kusmana merupakan sosok guru pembimbing yang berupaya membangun tradisi juara tanpa mengandalkan uang. Sekolah tempatnya mengajar pun tidak memanjakan siswa mereka dengan pembimbing luar dari universitas bergengsi seperti ITB, UI, UGM, IPB, ITS dan universitas-universitas negeri lainnya. Dan hasilnya anak didik Kusmana berhasil menembus ajang kompetisi di tingkat nasional, juga internasional. “Kunci utama
sebetulnya pada motivasi para siswa itu sendiri. Contohnya begini, kalau saya menjelaskan materi A, siswa
yang memiliki motivasi baik akan mengejar materi B setelah menguasai materi A. Siswa seperti itulah yang
sesungguhnya memiliki potensi menjadi juara,” kata Kusmana.

18 January 2012

Download Lagu Fatur

14 January 2012

Download Materi Bahasa Pemrograman Pascal

Bagi teman-teman KB TI SMAN 2 Kuningan yang memerlukan materi dasar pascal (Penulis : Awan Sundiawan) silahkan download disini.
Dan bagi yang memerlukan TPW, download TPWIN15 disini.

Mungkin beberapa ada yang saya kirim lewat email.
Terima Kasih.

13 January 2012

Narkoba

Pengertian Narkoba.

Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika dan zat/bahan berbahaya. Istilah lain yang dikeluarkan Departemen Kesehatan adalah NAPZA atau Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif. Narkoba atau Narkotika sama-sama merujuk kepada kelompok obat-obatan dalam dosis tertentu yang biasa digunakan dalam membius pasien yang akan doperasi. Namun persepsi masyarakat mengenai Narkoba atau Napza cenderung kepada obat-obatan yang digunakan dalam dosis berlebih.
Menurut UU No.22 Tahun 1997 pasal 1 (1) disebutkan : Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan-golongan sebagaimana terlampir dalam Undang-undang ini atau yang kemudian ditetapkan dengan Keputusan Menteri Kesehatan.
Menurut UU no.5Tahun 1997 disebutkan : Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan prilaku.
Bahan adiktif lainnya adalah “zat atau bahan lain bukan narkotika dan psikotropika yang berpengaruh pada kerja otak dan dapat menimbulkan ketergantungan”.

  Jenis dan Efek Samping



Jenis Narkotika
OPIOID (OPIAD)
Opioid atau Opiad berasal dari kata opium yang merupakan jus dari bunga opium (papaver semivernum). Opioid juga digunakan untuk opiat, yaitu suatu preparat atau derivat dari opium dan narkotik sintetik yang kerjanya menyerupai opiat tetapi tidak didapatkan dari opium. opiat alami lain atau opiat yang disintesis dari opiat alami adalah heroin (diacethylmorphine), kodein (3-methoxymorphine), dan hydromorphone (Dilaudid).
Efek samping dari opioid adalah :
      • Perasaan senang dan bahagia
      • Acuh tak acuh (apati)
      • Malas bergerak
      • Mengantuk
      • Rasa mual
      • Pupil mata mengecil (melebar jika overdosis)
      • Gangguan perhatian/daya ingat
      • Mengalami pelambatan dan kekacauan pada saat berbicara
      • Kerusakan penglihatan pada malam hari
      • Mengalami kerusakan pada liver dan ginjal
      • Peningkatan resiko terkena virus HIV dan hepatitis dan penyakit infeksi lainnya melalui jarum Suntik dan penurunan hasrat dalam hubungan sex
      • Kebingungan dalam identitas seksual
      • Kematian karena overdosis.

            GEJALA INTOKSITASI (KERACUNAN) OPIOID :
Konstraksi pupil ( atau dilatasi pupil karena anoksia akibat overdosis berat ) dan satu ( atau lebih ) tanda berikut, yang berkembang selama , atau segera setelah pemakaian opioid, yaitu mengantuk atau koma bicara cadel ,gangguan atensi atau daya ingat.
Perilaku maladaptif atau perubahan psikologis yang bermakna secara klinis misalnya: euforia awal diikuti oleh apatis, disforia, agitasi atau retardasi psikomotor, gangguan pertimbangaan, atau gangguan fungsi sosial atau pekerjaan ) yang berkembang selama, atau segera setelah pemakaian opioid.
 GEJALA PUTUS OBAT :
Gejala putus obat dimulai dalam enam sampai delapan jam setelah dosis terakhir. Biasanya setelah suatu periode satu sampai dua minggu pemakaian kontinu atau pemberian antagonis narkotik.
Sindroma putus obat mencapai puncak intensitasnya selama hari kedua atau ketiga dan menghilang selama 7 sampai 10 hari setelahnya. Tetapi beberapa gejala mungkin menetap selama enam bulan atau lebih lama.
GEJALA PUTUS OBAT DARI KETERGANTUNGAN OPIOID ADALAH :
Kram otot parah dan nyeri tulang, diare berat, kram perut, rinorea lakrimasipiloereksi, menguap, demam, dilatasi pupil, hipertensi takikardia disregulasi temperatur, termasuk pipotermia dan hipertermia.
Seseorang dengan ketergantungan opioid jarang meninggal akibat putus opioid, kecuali orang tersebut memiliki penyakit fisik dasar yang parah, seperti penyakit jantung.
Gejala residual seperti insomnia, bradikardia, disregulasi temperatur, dan kecanduan opiat mungkin menetap selama sebulan setelah putus zat. Pada tiap waktu selama sindroma abstinensi, suatu suntikan tunggal morfin atau heroin menghilangkan semua gejala. Gejala penyerta putus opioid adalah kegelisahan, iritabilitas, depresi, tremor, kelemahan, mual, dan muntah. Opioid Merupakan golongan Narkotika alami yang sering digunakan dengan cara dihisap (inhalasi).

  Turunan OPIOID (OPIAD) yang sering disalahgunakan adalah :
  •  
Candu

Getah tanaman Papaver Somniferum didapat dengan menyadap (menggores) buah yang hendak masak. Getah yang keluar berwarna putih dan dinamai "Lates". Getah ini dibiarkan mengering pada permukaan buah sehingga berwarna coklat kehitaman dan sesudah diolah akan menjadi suatu adonan yang menyerupai aspal lunak. Inilah yang dinamakan candu mentah atau candu kasar. Candu kasar mengandung bermacam-macam zat-zat aktif yang sering disalahgunakan. Candu masak warnanya coklat tua atau coklat kehitaman. Diperjual belikan dalam kemasan kotak kaleng dengan berbagai macam cap, antara lain ular, tengkorak,burung elang, bola dunia, cap 999, cap anjing, dsb. Pemakaiannya dengan cara dihisap.

Morfin


Morfin adalah hasil olahan dari opium/candu mentah. Morfin merupaakan alkaloida utama dari opium ( C17H19NO3 ) . Morfin rasanya pahit, berbentuk tepung halus berwarna putih atau dalam bentuk cairan berwarna. Pemakaiannya dengan cara dihisap dan disuntikkan.Cara pemakaiannya disuntik di bawah kulit, ke dalam otot atau pembuluh darah
(intravena) ditabur pada luka


Heroin ( putaw )

Heroin mempunyai kekuatan yang dua kali lebih kuat dari morfin dan merupakan jenis opiat yang paling sering disalahgunakan orang di Indonesia pada akhir - akhir ini . Heroin, yang secara farmakologis mirip dengan morfin menyebabkan orang menjadi mengantuk dan perubahan mood yang tidak menentu. Walaupun pembuatan, penjualan dan pemilikan heroin adalah ilegal, tetapi diusahakan heroin tetap tersedia bagi pasien dengan penyakit kanker terminal karena efek analgesik dan euforik-nya yang baik.Umumnya digunakan dengan cara disuntik atau dihisap.
Dimakan/Dihisap/disuntikkan/ditabur diluka

  •  
Codein

Codein termasuk garam / turunan dari opium / candu. Efek codein lebih lemah daripada heroin, dan potensinya untuk menimbulkan ketergantungaan rendah. Biasanya dijual dalam bentuk pil atau cairan jernih. Cara pemakaiannya ditelan dan disuntikkan.

  •  
Demerol

Nama lain dari Demerol adalah pethidina. Pemakaiannya dapat ditelan atau dengan suntikan. Demerol dijual dalam bentuk pil dan cairan tidak berwarna.

  •  
Methadon

Saat ini Methadone banyak digunakanorang dalam pengobatan ketergantungan opioid. Antagonis opioid telah dibuat untuk mengobati overdosis opioid dan ketergantungan opioid. Sejumlah besar narkotik sintetik (opioid) telah dibuat, termasuk meperidine (Demerol), methadone (Dolphine), pentazocine (Talwin), dan propocyphene (Darvon). Saat ini Methadone banyak digunakan orang dalam pengobatan ketergantungan opioid. Antagonis opioid telah dibuat untuk mengobati overdosis opioid dan ketergantungan opioid. Kelas obat tersebut adalah nalaxone (Narcan), naltrxone (Trexan), nalorphine, levalorphane, dan apomorphine. Sejumlah senyawa dengan aktivitas campuran agonis dan antagonis telah disintesis, dan senyawa tersebut adalah pentazocine, butorphanol (Stadol), dan buprenorphine (Buprenex). Beberapa penelitian telah menemukan bahwa buprenorphine adalah suatu pengobatan yang efektif untuk ketergantungan opioid. Nama popoler jenis opioid : putauw, etep, PT, putih.


  •  
Kokain


Kokain adalah zat yang adiktif yang sering disalahgunakan dan merupakan zat yang sangat berbahaya. Kokain merupakan alkaloid yang didapatkan dari tanaman belukar Erythroxylon coca, yang berasal dari Amerika Selatan, dimana daun dari tanaman belukar ini biasanya dikunyah-kunyah oleh penduduk setempat untuk mendapatkan efek stimulan.
Saat ini Kokain masih digunakan sebagai anestetik lokal, khususnya untuk pembedahan mata, hidung dan tenggorokan, karena efek vasokonstriksifnya juga membantu. Kokain diklasifikasikan sebagai suatu narkotik, bersama dengan morfin dan heroin karena efek adiktif dan efek merugikannya telah dikenali.
Nama lain untuk Kokain : Snow, coke, girl, lady dan crack ( kokain dalam bentuk yang paling murni dan bebas basa untuk mendapatkan efek yang lebih kuat ).
Efek samping yang ditimbulkan antara lain :
  • Agitasi psikomotor/gelisah
  • Euforia/rasa gembira berlebihan
  • Rasa harga diri meningkat
  • Banyak bicara
  • Kewaspadaan meningkat
  • Kejang
  • Pupil (manik mata) melebar
  • Tekanan darah meningkat
  • Berkeringat/rasa dingin
  • Mual/muntah
  • Mudah berkelahi
  • Perdarahan darah otak
  • Penyumbatan pembuluh darah
  • Nystagmus horisontal/mata bergerak tak terkendali
  • Distonia (kekakuan otot leher) 
Pada penggunaan Kokain dosis tinggi gejala intoksikasi dapat terjadi, seperti agitasi iritabilitas gangguan dalam pertimbangan perilaku seksual yang impulsif dan kemungkinan berbahaya agresi peningkatan aktivitas psikomotor Takikardia Hipertensi Midriasis .
Setelah menghentikan pemakaian Kokain atau setelah intoksikasi akut terjadi depresi pascaintoksikasi ( crash ) yang ditandai dengan disforia, anhedonia, kecemasan, iritabilitas, kelelahan, hipersomnolensi, kadang-kadang agitasi.
Pada pemakaian kokain ringan sampai sedang, gejala putus Kokain menghilang dalam 18 jam. Pada pemakaian berat, gejala putus Kokain bisa berlangsung sampai satu minggu, dan mencapai puncaknya pada dua sampai empat hari.
Gejala putus Kokain juga dapat disertai dengan kecenderungan untuk bunuh diri. Orang yang mengalami putus Kokain seringkali berusaha mengobati sendiri gejalanya dengan alkohol, sedatif, hipnotik, atau obat antiensietas seperti diazepam ( Valium ).
Kokain digunakan dengan cara menghirup yaitu membagi setumpuk kokain menjadi beberapa bagian berbaris lurus di atas permukaan kaca dan benda yang mempunyai permukaan datar.

  Jenis – Jenis Psikotropika




  ECSTASY
Rumus kimia XTC adalah 3-4-Methylene-Dioxy-Methil-Amphetamine (MDMA). Senyawa ini ditemukan dan mulai dibuat di penghujung akhir abad lalu. Pada kurun waktu tahun 1950-an, industri militer Amerika Serikat mengalami kegagalan didalam percobaan penggunaan MDMA sebagai serum kebenaran. Setelah periode itu, MDMA dipakai oleh para dokter ahli jiwa. XTC mulai bereaksi setelah 20 sampai 60 menit diminum. Efeknya berlangsung maksimum 1 jam. Seluruh tubuh akan terasa melayang. Kadang-kadang lengan, kaki dan rahang terasa kaku, serta mulut rasanya kering. Pupil mata membesar dan jantung berdegup lebih kencang. Mungkin pula akan timbul rasa mual. Bisa juga pada awalnya timbul kesulitan bernafas (untuk itu diperlukan sedikit udara segar). Jenis reaksi fisik tersebut biasanya tidak terlalu lama. Selebihnya akan timbul perasaan seolah-olah kita menjadi hebat dalam segala hal dan segala perasaan malu menjadi hilang. Kepala terasa kosong, rileks dan "asyik". Dalam keadaan seperti ini, kita merasa membutuhkan teman mengobrol, teman bercermin, dan juga untuk menceritakan hal-hal rahasia. Semua perasaan itu akan berangsur-angsur menghilang dalam waktu 4 sampai 6 jam. Setelah itu kita akan merasa sangat lelah dan tertekan.



  Jenis-Jenis Bahan Berbahaya Lainnya

2.4.1. Minuman Keras



Adalah semua minuman yang mengandung Alkohol tetapi bukan obat.
Minuman keras terbagi dalan 3 golongan yaitu:
- Gol. A berkadar Alkohol 01%-05%
- Gol. B berkadar Alkohol 05%-20%
- Gol. C berkadar Alkohol 20%-50%
Beberapa jenis minuman beralkohol dan kadar yang terkandung di dalamnya :
- Bir,Green Sand 1% - 5%
- Martini, Wine (Anggur) 5% - 20%
- Whisky, Brandy 20% -55%.
Efek samping yang ditimbulkan diantaranya mulut rasanya kering. Pupil mata membesar dan jantung berdegup lebih kencang. Mungkin pula akan timbul rasa mual. Bisa juga pada awalnya timbul kesulitan bernafas (untuk itu diperlukan sedikit udara segar). Jenis reaksi fisik tersebut biasanya tidak terlalu lama. Selebihnya akan timbul perasaan seolah-olah kita menjadi hebat dalam segala hal dan segala perasaan malu menjadi hilang. Kepala terasa kosong, rileks dan "asyik". Dalam keadaan seperti ini, kita merasa membutuhkan teman mengobrol, teman bercermin, dan juga untuk menceritakan hal-hal rahasia. Semua perasaan itu akan berangsur-angsur menghilang dalam waktu 4 sampai 6 jam. Setelah itu kita akan merasa sangat lelah dan tertekan.
Efek yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi alkohol dapat dirasakan segera dalam waktu beberapa menit saja, tetapi efeknya berbeda-beda, tergantung dari jumlah / kadar alkohol yang dikonsumsi. Dalam jumlah yang kecil, alkohol menimbulkan perasaan relax, dan pengguna akan lebih mudah mengekspresikan emosi, seperti rasa senang, rasa sedih dan kemarahan.
Bila dikonsumsi lebih banyak lagi, akan muncul efek sebagai berikut : merasa lebih bebas lagi mengekspresikan diri, tanpa ada perasaan terhambat menjadi lebih emosional ( sedih, senang, marah secara berlebihan ) muncul akibat ke fungsi fisik - motorik, yaitu bicara cadel, pandangan menjadi kabur, sempoyongan, inkoordinasi motorik dan bisa sampai tidak sadarkan diri. kemampuan mental mengalami hambatan, yaitu gangguan untuk memusatkan perhatian dan daya ingat terganggu.
Pengguna biasanya merasa dapat mengendalikan diri dan mengontrol tingkahlakunya. Pada kenyataannya mereka tidak mampu mengendalikan diri seperti yang mereka sangka mereka bisa. Oleh sebab itu banyak ditemukan kecelakaan mobil yang disebabkan karena mengendarai mobil dalam keadaan mabuk.
Pemabuk atau pengguna alkohol yang berat dapat terancam masalah kesehatan yang serius seperti radang usus, penyakit liver, dan kerusakan otak. Kadang-kadang alkohol digunakan dengan kombinasi obat - obatan berbahaya lainnya, sehingga efeknya jadi berlipat ganda. Bila ini terjadi, efek keracunan dari penggunaan kombinasi akan lebih buruk lagi dan kemungkinan mengalami over dosis akan lebih besar.




2.4.2. Nikotin




Adalah obat yang bersifat adiktif, sama seperti Kokain dan Heroin. Bentuk nikotin yang paling umum adalah tembakau, yang dihisap dalam bentuk rokok, cerutu, dan pipa. Tembakau juga dapat digunakan sebagai tembakau sedotan dan dikunyah (tembakau tanpa asap).
Walaupun kampanye tentang bahaya merokok sudah menyebutkan betapa berbahayanya merokok bagi kesehatan tetapi pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak orang yang terus merokok. Hal ini membuktikan bahwa sifat adiktif dari nikotin adalah sangat kuat.
Secara perilaku, efek stimulasi dari nikotin menyebabkan peningkatan perhatian, belajar, waktu reaksi, dan kemampuan untuk memecahkan maslah. Menghisap rokok meningkatkan mood, menurunkan ketegangan dan menghilangkan perasaan depresif. Pemaparan nikotin dalam jangka pendek meningkatkan aliran darah serebral tanpa mengubah metabolisme oksigen serebtral.
Tetapi pemaparan jangka panjang disertai dengan penurunan aliran darah serebral. Berbeda dengan efek stimulasinya pada sistem saraf pusat, bertindak sebagai relaksan otot skeletal. Komponen psikoaktif dari tembakau adalah nikotin. Nikotin adalah zat kimia yang sangat toksik. Dosis 60 mg pada orang dewasa dapat mematikan, karena paralisis ( kegagalan ) pernafasan.





11 January 2012

Kumpulan Lagu - Lagu Nostalgia

Tito Sumarsono - Untukmu (4shared.com) Helly Gaos - Nikmatnya Cinta (4shared.com) Maharani Kahar - Desember Kelabu (4shared.com) Julius Sitanggang - Maria (4shared.com) Ruth Sahanaya - Keliru (4shared.com) Andi Meriem Mattalatta - Di Relung Mata Hatiku (4shared.com) Grace Simon - Sayonara Sayangku (4shared.com) Iis Sugianto - Jangan Sakiti Hatinya (4shared.com) Arie Koesmiran - Setulus Hatimu (4shared.com) Iis Sugianto - Nasibmu & Nasibku (4shared.com) iis sugianto - jangan pernah sangsikan (akriecollection's).mp3 Betharia sonata, kau tercipta untukku.mp3 Nike Ardilla - Bintang Kehidupan.mp3

08 January 2012

Endang S Taurina

Endang S Taurina - Cinta Panas DIngin (4shared.com)
Endang S Taurina - Jangan Biarkan (stafaband.info)

07 January 2012

Ja'im

 Penulis : Muhammad Ihsan 
 E-mail  : ihsan.kusasi@yahoo.com

"Ja'im" adalah salah satu kosa kata gaul yang merupakan singkatan dari "jaga image" atau selalu berusaha menjaga penampilan agar tampak berwibawa. Biasanya orang yang ja'im menggunakan media lain yang dipercaya bisa mengangkat wibawanya, semisal berpakaian mewah, berkendaraan mewah, bahkan sampai memakai pengawal kemanapun berpergian.
Ja'im dengan bermodalkan barang mewah, bagi peneliti psychology, justru dikategorikan sebagai sikap kurang percaya diri. Sehingga orang-orang seperti itu perlu "additive" kemewahan agar tampak lebih berwibawa.
Tapi ada juga tipe ja'im yang lain: inilah ja'im yang sejati, yaitu dengan mengandalkan sikap, perilaku, dan attitude; alih-alih mengandalkan kemewahan. Lihatlah mereka ini:
Michael Bloomberg -- konglomerat pemilik siaran berita keuangan Bloomberg -- adalah Walikota New York saat note ini gue tulis. Kekayaan dia tahun 2011 mencapai 19,5 Billion Dollar Amerika atau setara dengan Rp.177 Trilliun, Wow! Duit semua tuh?! Hihihi....
Apakah Bloomberg harus ja'im? Gak juga! Wartawan mendapatkan paling tidak dua kali semingu, dia berangkat ke kantor Walikota menggunakan KRL New York. Tentu jangan kita samakan KRL New York dengan KRL (Kereta Rel Listrik) Jakarta....
KRL New York adalah subway -- kereta di bawah tanah -- yang aman, bersih, dan selalu tepat waktu. KRL Jakarta? Hmm... adalah substandard -- kereta di bawah standard -- yang kurang aman, kotor, dan selalu molor waktu... hihihi....
Juru bicara resmi Walikota New York bercerita: "Pak Walikota naik subway sama seperti penumpang lainnya. Menggesek kartu tiket langganan, antri di peron, dan menunggu sampai KRL datang."
Lain di New York, lain lagi di London. Adalah Boris Johnson, Walikota London saat note ini gue tulis, yang lebih suka bersepeda ke kantor Walikota alih-alih berkendaraan dinas. Bukan itu saja, saat dia diminta datang ke kantor Perdana Menteri Inggris David Cameron di Downing Street No.10, dia juga cuek aja pakai sepeda. Padahal gaji dia sebagai Walikota London adalah 250 ribu Pounsterling setahun atau setara dengan Rp.3,5 Milyar setahun!
Lebih dari itu, Boris membuat kebijakan melarang orang berjualan dan meminum minuman berakohol di seluruh transportasi umum dan terminalnya, terhitung mulai 1 Juni 2008. Sebuah kebijakan yang kurang populer bagi warga London yang memang doyan minum minuman berakohol. Tidak perlu ja'im kan membuat kebijakan?
Lain juga kalau di Jakarta. Adalah Dahlan Iskan, Menteri Negara BUMN saat note ini gue tulis: beberapa hari lalu dia memakai KRL Jakarta menuju Bogor, untuk menghadiri rapat para Menteri bersama Presiden Republik Indonesia, di Istana Negara Kebun Raya Bogor. Padahal para Menteri lain menggunakan mobil dinas Kementerian satu paket dengan pengawal.
Dahlan, yang melaporkan kekayaannya tercatat di tahun 2010 kepada KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) sebesar Rp.48 Milyar, menyambung transportasi di Bogor dengan menggunakan sepeda motor ojek dari stasiun KRL Bogor menuju Istana Negara Bogor.
Seorang anggota PASPAMPRES (Pasukan Pengamanan Presiden) menolak dia saat minta izin di gerbang masuk karena ada janji rapat di dalam Istana. Kata pengawal, "Owh, tiddak bissaaa [Sule mode on... hihihi...], Itu rapat khusus Menteri".
Apakah yang dilakukan Dahlan Iskan dibuat-buat untuk menaikkan popularitasnya sebagai Menteri? Gak Juga. Temen kuliah S1 gue yang asli dari kota Surabaya, pernah cerita suatu hari. Bahwa Dahlan memang sedari dulu sudah sederhana. Sejak memegang Jawa Pos Group pun, dia tidak sungkan-sungkan untuk turun mengantar tumpukkan koran ke loper/agen koran dengan memakai mobil bak terbuka. Dan dia sendiri juga membawa mobil sekaligus yang menurunkan tumpukkan koran dari bak mobil tersebut.
Attitude atau perilaku seperti Bloomberg, Boris, dan Dahlan, gue yakin bukan perilaku yang diperlihatkan dengan cara instant. What?! Mie kalee instant... hihihi... Perilaku seperti mereka pasti terbentuk dengan proses yang keras dan lama.
Dan siapa yang paling bertanggung jawab terhadap proses pembentukkan perilaku tersebut? Gak jauh dan gak lain adalah loe sendiri, gue sendiri, kita semua sebagai orang tua terhadap anak-anak kita.
Jangan berikan kemewahan berlebihan kepada anak kita hanya karena kita ingin mereka cool, keren, dan bisa ja'im. Secara perlahan dan pasti, hal tersebut merupaka proses pembentukan mereka menjadi kurang percaya diri.
Your image is what you are.
Be yourself!

06 January 2012

Download Kumpulan Lagu Elly Sunarya

05 January 2012

Cara Memperbesar Foto Tanpa Menurunkan Resolusi Dengan SmillaEnlarger

SmillaEnlarger adalah program open source yang memungkinkan anda untuk pembesaran / memperbesar gambar bitmap berkualitas tinggi. App portabel kecil  Ini memungkinkan Anda mendefinisikan sebuah area kecil dari foto dan memperbesar itu sementara tetapi tetap mempertahankan kualitas (tanpa Menurunkan Resolusi). Berdasarkan algoritma yang asli, software standalone ini menggunakan sejumlah filter yang dirancang untuk menghapus beberapa artefak khas yang dihasilkan oleh proses pembesaran dan "mengisi" informasi gambar untuk mencapai kualitas gambar yang jauh lebih tinggi daripada algoritma pembesaran gambar biasanya yang digunakan di sebagian besar aplikasi.

Cara menggunakan SmillaEnlarger

1. Buka gambar Anda dengan mengklik tombol "browse button"
2. Untuk menetapkan ukuran gambar baru  Anda bisa gerakkan slider atau set lebar / tinggi atau masukkan nilai untuk zoom% dalam kotak di sebelah kiri menu.
3. Gunakan kontrol untuk lima filter (Ketajaman, pra mempertajam, De Noise, datar, Dithering) di sebelah kanan menu untuk memanipulasi gambar
4. klik "preview" untuk melihat output dari gambar
5. Klik "calculate" untuk proses

Spesifikasi:
• OS: Windows / Mac OS X
• Format yang didukung: JPG, BMP, PNG, TIFF, PPM
• Portable: Tidak perlu Instal perangkat lunak, Anda bisa unzip dan menjalankan untuk menggunakan software ini.
Download SmillaEnlarger 

Sumber : http://tantoroni.blogspot.com/2010/03/cara-memperbesar-foto-tanpa-menurunkan.html

04 January 2012

Cara memproteksi flashdisk milik Anda sendiri.

"Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan.Waspadalah! Waspadalah!" Begitulah pesan Bang Napi di tiap akhir siaran berita SERGAP yang tayang di RCTI.

 
Memang penjahat sekarang makin cerdas, terutama kejahatan di dunia maya (cyber-crime) atau kejahatan yang berhubungan dengan data penting, seperti yang pernah terjadi oleh negara kita (Indonesia) yang pernah data pentingnya hampir dicuri.

 
Oleh karena itu, kita harus mewaspadai hal itu. Kalau bisa sedini mungkin. Dan salahsatu data yang rentan hilang adalah flashdisk. Alasannya, karena flashdisk ukuranya sangat kecil maka sering dibawa "kemana – mana". Jadi, kalau jatuh, pasti "dimana-mana". Bisa di jalan, tempat sampah, sekolah, toko, restoran, dll asalkan kita pernah berkunjung ke tempat itu. Selain itu ukuran flashdisk yang kecil juga mengakibatkan bunyi yang dihasilkan flashdisk saat jatuh kecil. Terkadang kita tidak sadar bahwa flashdisk kita terjatuh.Berbeda kalau desktop atau laptop kita yang jatuh, atau bahkan kita sendiri yang terjatuh.

 
Jika data anda tidak ingin dibaca atau dicuri orang lain, saya tuliskan cara memproteksi flashdisk anda dengan mudah. Yaitu dengan menggunakan fasilitas yang ada di Windows 7 yaitu BitLocker Drive Encryption. Berikut steps nya:

 

1. Klick Windows Logo-ketik BitLocker Drive Encryption di kotak search nya.


 
2. Klik turn on BitLocker pada bagian drive yang kita ingin proteksi. Dalam hal ini flashdisk      Anda..

3. Selanjutnya tinggal ikuti intruksi yang ada.

4. Di windows7, jika kita ingin membuka flasdisk, tinggal memasukan password yang telah anda buat.

5. Jika anda menjalankan flashdisk anda di Windows XP, anda harus meng klik dulu flashdisk anda lalu disana akan ada file BitLocker. Lalu klik dan masukan password. File yang ingn anda buka harus di copy dulu ke luar flashdisk.

6. Selamat mencoba

Cara Menyisipkan Video Youtube ke Postingan Blog

1. Log in ke youtube.com
2. Log in ke blogger.com
3. Klik di sbelah kanan bawah video (pada halaman youtube.com) lalu copy "embed" nya.
4. Paste-kan embed tadi di postingan blog anda.  

Slide Alumni 7B SMPN 1 Kuningan 2007-2008 (Tahap Awal)

- - /* CSS --------------------------------------------------*/ body { color: #000000; font-family: Verdana, Helvetica, sans-serif; font-size: 10pt; margin: 0; padding: 0; background: # ; } body,h1,h2,h3,h4,h5,h6,p,form,fieldset { margin: 0; padding: 0; } /* Links --------------------------------------------------*/ a { text-decoration: underline; color: #000000; } a:hover { text-decoration: none; color: #000000; } a img { border: none; } /* IDs --------------------------------------------------*/ #wrapper { padding: 0; margin: 0; width: 760px; } #content { width: 740px; padding: 10px; text-align: left; background: transparent; } #logohead { background: # ; padding-bottom: 5px; } #logofoot { background: # ; padding-bottom: 5px; } #pagehead { background: # ; color: # ; font-family: " ", Helvetica, sans-serif; font-size: pt; padding: 7px; margin-bottom: 10px; line-height: 10pt; border: 1px solid # ; } #pagehead a { color: # ; } #subhead { margin: 0 0 10px 0; } #pagefoot { background: # ; color: # ; font-family: " ", Helvetica, sans-serif; font-size: pt; margin: 10px 0 30px 0; padding: 0 5px; float: left; } #pagefoot a { color: # ; } #mainimage { text-align: center; padding: 0 10px 10px 10px; } #framedivleft { background: transparent; width: 290px; float: left; overflow: auto; } #framedivright { background: transparent; width: 450px; float: right; } /* Classes --------------------------------------------------*/ .low { display: none; } .smalltext { font-size: 8pt; } .clearer { clear: both; line-height: 0; } .left { float: left; clear: right; } .right { float: right; } .center { text-align: center; } .sep { line-height: 0px; height: 1px; border: none; background: #a2c0df; color: #a2c0df; margin: 0; padding: 0; } .seppad { line-height: 0px; height: 1px; border: none; background: #a2c0df; color: #a2c0df; margin: 10px 0 10px 0; padding: 0; } .pagebar { margin: 10px 0; } .metabox { background: # ; border: # 1px solid ; font-family: " ", Helvetica, sans-serif; font-size: pt; color: # ; padding: 5px; margin: 0; line-height: 11pt; } .metaitem { margin-bottom: 4px; } .metatitle { margin-bottom: 10px; } .metatitle1 { font-size: pt; color: # ; line-height: 17pt; font-weight: bold; margin: 0; padding: 0; font-family: " ", Helvetica, sans-serif; float: left; margin-right: 8px; } .metatitle2 { font-style: italic; margin-left: 2px; margin-top: 0.5em; float: left; } .metatitle3 { margin-top: 0.5em; float: right; } .metatitle4 { margin-top: 0.5em; float: left; } .thumbcontainer { padding: 5px; margin: 5px; background: # ; border: # 1px solid; height: auto; } .thumbmeta { margin-top: 5px; text-align: left; line-height: 12pt; font-family: " ", Helvetica, sans-serif; font-size: pt; color: # ; } .paginate { color: # ; font-family: " ", Helvetica, sans-serif; font-size: pt; padding-top: 5px; padding-bottom: 5px; margin: 0px; text-align: center; } .paginate a { padding: 2px; text-decoration: underline; color: # ; } .paginate .this-page { padding: 2px; font-weight: bold; font-size: pt; color: # ; } .paginate a:hover { color: # ; text-decoration: none; } .imagenav { color: # ; font-family: " ", Helvetica, sans-serif; font-size: pt; padding: 5px; margin: 10px 0 10px 0; } .imagenav a { color: # ; } /* Headings --------------------------------------------------*/ h1 { font-size: pt; margin: 10px 0 10px 0; font-weight: normal; padding: 0; font-family: " ", Times, serif; color: # ; } #subhead h1 { margin: 10px 0 0 0; } /* Images --------------------------------------------------*/ /* Tables --------------------------------------------------*/ caption { display: none; }

03 January 2012

Mati ShoutMix, Tumbuh CBox : Cara Menambahkan Buku Tamu (Guestbook) di Blog Anda

Ganti template merupakan petaka bagi saya. Waktu ganti template, saya salah klik dan templatenya lupa d back up. Alhasil, shoutmix saya hilang entah kemana.

Saya coba pergi ke situs shoutmix.com, ternyata saya lupa lagi usename and password nya. Coba daftar lagi, ternyata sudah tidak gratis.

Saya cari di google akhirmya saya temukan yang namanya CBox (saya tidak tahu cara bacanya, jadi mohon untuk bijak saat membaca ini). CBox ini sama seperti shoutmix, fungsinya seperti buku tamu yang memudahkan kita dalam berinteraksi dengan pengunjung blog. Untuk mendapatkannya tinggal sign up saja. Linknya klik disini.


Hiasi Blog Anda dengan Jam

Pepatah mengatakan : waktu adalah uang.Meskipun kita tidak bisa membeli sembako, jam tangan, ataupun laptop dengan waktu namun memang sangat berharga. Bisa dikatakan hampir sama dengan uang. Teorinya seperti ini : kalau kita tidak memanfaatkan waktu dengan baik, misalnya kita bermalas malasan tidak pada waktunya atau tidak mencoba hal positif yang baru, maka ilmu dan pengalaman akan lewat begitu saja. Sedangkan ilmu dan pengalaman dibutuhkan di dunia kerja. Dan kita bekerja pada dasarnya adalah karena membutuhkan uang. Atau kita terlalu keras bekerja sampai lupa waktu dan akhirnya jatuh sakit. Sehingga uang akan keluar dari dompet kita untuk biaya pengobatan. Namun, lain lagi kalau kita termasuk orang yang beruntung (gede milik).


 Untuk untuk agar bisa mengetahui waktu dengan cepat bagi yang hobby surfing di internet, karena mereka biasanya akan lebih lama melihat monitor, ada fasilitas "clock" yang bisa digunakan di blog anda. Website nya bisa diklik disini.

Dan ini screenshoot nya :


  Semoga bermanfaat, terima kasih.

Anyway, kalau saya perhatikan penjelasan di atas terlalu berlebihan,tpi semoga bisa bermanfaat.