OLIMPIADE LONDON 2012: Bulutangkis mungkin dihapus setelah Olimpiade 2016

Sumber : http://www.bisnis.com/articles/olimpiade-london-2012-bulutangkis-mungkin-dihapus-setelah-olimpiade-2016

Compact_tontowi_natsir

JAKARTA: Cabang bulutangkis diprediksi hanya akan aman sampai Olimpiade 2016. Sejumlah alasan yang menjadikan bulutangkis dievaluasi Komite Olimpiade Internasional (IOC) adalah dominasi China di semua nomor, skandal main mata empat pasangan ganda putri, dan semakin rendahnya rating televisi maupun peliputan media pada cabang tersebut.

Setelah Olimpiade 2016, posisi bulu tangkis akan dievaluasi. Artinya, belum tentu bulu tangkis akan ikut ambil bagian pada Olimpiade 2020. Komite Olimpiade Internasional (IOC) memang akan melakukan evaluasi terhadap keberadaan Bulu Tangkis paska Olimpiade London 2012.

Nyatanya, memang ada ketakutan bahwa olahraga asal Inggris ini akan dihapus sejak ikut pertama di Olimpiade Barcelona 1992. Namun Sekretaris Jenderal Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) Stuart Borrie menjamin bahwa bulu tangkis akan aman.

Dia mengatakan ada 33 poin yang bakal menjadi bahan evaluasi bagi IOC. Salah satu yang paling menjadi poin penting adalah sejauh mana bulu tangkis bisa menarik minat penonton televisi.

Dia menambahkan, rating bulu tangkis terus mengalami peningkatan. Pada Olimpiade 2000 di Sydney, bulu tangkis hanya menempati posisi 24. Sedangkan pada Olimpiade Athena 2004, bulu tangkis meningkat ke posisi 14.

Saat itu BWF memang sedang meningkatkan popularitas di luar Asia dan Eropa. Membidik pasar Amerika dan Afrika sangat mendesak dilakukan. "Sekarang ada 16 pemain dari Amerika Latin. Ini sebuah kemajuan pesat," ungkapnya.(api)

Copyright © 2009 ====================== All rights reserved. Theme by Laptop Geek . | Bloggerized by FalconHive .