Cara memproteksi flashdisk milik Anda sendiri.

"Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan.Waspadalah! Waspadalah!" Begitulah pesan Bang Napi di tiap akhir siaran berita SERGAP yang tayang di RCTI.

 
Memang penjahat sekarang makin cerdas, terutama kejahatan di dunia maya (cyber-crime) atau kejahatan yang berhubungan dengan data penting, seperti yang pernah terjadi oleh negara kita (Indonesia) yang pernah data pentingnya hampir dicuri.

 
Oleh karena itu, kita harus mewaspadai hal itu. Kalau bisa sedini mungkin. Dan salahsatu data yang rentan hilang adalah flashdisk. Alasannya, karena flashdisk ukuranya sangat kecil maka sering dibawa "kemana – mana". Jadi, kalau jatuh, pasti "dimana-mana". Bisa di jalan, tempat sampah, sekolah, toko, restoran, dll asalkan kita pernah berkunjung ke tempat itu. Selain itu ukuran flashdisk yang kecil juga mengakibatkan bunyi yang dihasilkan flashdisk saat jatuh kecil. Terkadang kita tidak sadar bahwa flashdisk kita terjatuh.Berbeda kalau desktop atau laptop kita yang jatuh, atau bahkan kita sendiri yang terjatuh.

 
Jika data anda tidak ingin dibaca atau dicuri orang lain, saya tuliskan cara memproteksi flashdisk anda dengan mudah. Yaitu dengan menggunakan fasilitas yang ada di Windows 7 yaitu BitLocker Drive Encryption. Berikut steps nya:

 

1. Klick Windows Logo-ketik BitLocker Drive Encryption di kotak search nya.


 
2. Klik turn on BitLocker pada bagian drive yang kita ingin proteksi. Dalam hal ini flashdisk      Anda..

3. Selanjutnya tinggal ikuti intruksi yang ada.

4. Di windows7, jika kita ingin membuka flasdisk, tinggal memasukan password yang telah anda buat.

5. Jika anda menjalankan flashdisk anda di Windows XP, anda harus meng klik dulu flashdisk anda lalu disana akan ada file BitLocker. Lalu klik dan masukan password. File yang ingn anda buka harus di copy dulu ke luar flashdisk.

6. Selamat mencoba

Copyright © 2009 ====================== All rights reserved. Theme by Laptop Geek . | Bloggerized by FalconHive .