SMANDA BLOG Forum

get your own embeddable forum with Talki


PDF reader merupakan aplikasi yang sudah menjadi kebutuhan pengguna komputer saat ini. Ada aplikasi dengan fitur lengkap seperti Adobe Reader tetapi dengan performa yang berat serta ukuran installasi yang tidak kecil, aplikasi sedang seperti Foxit Reader, pembaca PDF online seperti Google docs Viewer serta aplikasi super ringan dan cepat seperti Sumatra PDF.

Salah satu pembaca PDF yang paling ring
an dan cepat adalah Sumatra PDF. Jika kita hanya perlu membaca dokumen PDF saja (tidak memerlukan fitur edit atau menambah anotasi dan sebagainya) serta mungkin mencari alternatif yang lebih ringan dari Adobe Reader atau Foxit Reader, maka Sumatra PDF bisa menjadi solusinya. Belum lama ini Sumatra PDF merilis versi terbaru, Sumatra PDF 1.6 dengan berbagai perbaikan dan tambahan fitur.
Selain mampu membuka file PDF dengan cepat, Sumatra PDF juga bisa digunakan untuk membaca file XPS, DjVu, CBZ, LaTeX dan CBR. DjVu termasuk format dokumen yang mulai banyak digunakan untuk hasil scan dokumen karena ukurannya yang relatif kecil dibanding PDF, dan fitur ini mulai ditambahkan di versi 1.6 ini. Khusus untuk membaca file XPS, maka diperlukan Ghostscript di komputer.

Selain loading dengan sangat cepat, aplikasi ini juga tampil dengan menu-menu yang sederhana (standard) dan mudah digunakan. Sumatra PDF juga dapat digunakan sebagai Image Viewer atau aplikasi untuk membuka/melihat gambar ( tarik saja folder yang berisi gambar dan letakkan di sumatra PDF). Aplikasi ini juga akan menampilkan daftar PDF yang sudah dibuka dalam thumbnail sehingga cukup membantu.

Sumatra PDF dapat berjalan di Windows XP, Vista dan Windows 7. Dan aplikasi ini selain gratis juga bersifat Open Source sehingga bagi programmer yang ini mempelajari atau mengembangkannya bisa juga download Source codenya. Oh ya, Sumatra PDF ini dikembangkan oleh Krzysztof Kowalczyk.

Copyright © 2009 ====================== All rights reserved. Theme by Laptop Geek . | Bloggerized by FalconHive .